Penting untuk Kesehatan, Inilah Tips Menggunakan HP tanpa Merusak Mata

By: admin

Siapa yang tidak terganggu dengan munculnya iklan di hp yang terlalu sering? Hal tersebut tentu terasa sangat tidak nyaman, sehingga perlu dilakukan cara menghilangkan iklan di hp. Selain kenyamanan, penting juga untuk mengutamakan kesehatan dengan menerapkan tips menggunakan hp tanpa merusak mata.

Seperti diketahui bahwa penggunaan hp sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari. Hp bisa menjadi sarana hiburan atau alat untuk menunjang pekerjaan. Meski hp memiliki peran penting, namun tetap harus digunakan dengan bijak dan mengenal batasan. Tujuannya agar tidak menimbulkan efek buruk, termasuk pada kesehatan mata.

Tips Menggunakan Hp tanpa Merusak Mata

Tips Menggunakan HP tanpa Merusak Mata

Layar hp dapat menampilkan warna warni yang menarik untuk dilihat. Di sisi lain, tampilan yang menarik itu dipancarkan oleh sinar biru atau blue light yang ternyata bisa mengganggu kesehatan mata. Bahkan meski kadar energi sinar biru di hp tidak sebesar yang dipancarkan matahari, tetap saja bisa berpengaruh buruk pada mata.

Mata yang terkena efek buruk sinar biru dari hp bisa memperlihatkan beberapa gejala, seperti mata kering dan mata merah. Efek yang lebih buruk, blue light pada hp bisa menyebabkan katarak dan merusak retina mata. Untuk mencegahnya, ketahui tips menggunakan hp tanpa merusak mata seperti berikut ini:

1. Pastikan Mendapat Cahaya yang Cukup

Jangan membiasakan diri menggunakan ponsel sambil bersembunyi di bawah selimut. Di dalam kegelapan, frekuensi cahaya biru akan semakin tinggi dan semakin berbahaya bagi mata. Pastikan Anda menggunakan hp di ruangan dengan cahaya yang cukup dan terdistribusi dengan merata.

2. Jaga Jarak Mata dari Layar

Sebaiknya beri jarak layar hp dengan mata antara 16 hingga 30 inci (40 hingga 76 sentimeter). Menatap layar hp dengan posisi yang terlalu dekat pada mata bisa menyebabkan ketegangan pada otot mata. Untuk jangka panjang, kebiasaan melihat hp dengan jarak dekat dengan mata akan menyebabkan penglihatan buram.

3. Sesuaikan Pengaturan Layar

Tips menggunakan hp tanpa merusak mata berikutnya adalah dengan memanfaatkan pengaturan pada hp. Pastikan hp Anda dikonfigurasikan untuk kenyamanan mata. Agar layar hp lebih ramah mata, sesuaikan kecerahan layar dengan cahaya di sekitarnya. Menggunakan font berukuran besar juga lebih disarankan untuk memudahkan penglihatan.

4. Atur Batas Waktu Menggunakan Hp

Tidak ada salahnya jika Anda mengatur sendiri batas waktu dalam menggunakan hp. Misalnya, Anda memasang pengingat untuk waktu selama satu jam menggunakan hp. Jika waktu sudah habis, maka Anda harus berhenti bermain hp. Sedangkan jika Anda harus bekerja di depan layar hp, Anda harus lebih sering mengistirahatkan mata.

5. Pijat Sudut Mata

Anda juga bisa memijat bagian sudut mata untuk mengatasi mata lelah karena menatap layar hp terlalu lama. Pertama, pijat bagian sudut mata dekat hidung dengan gerakan memutar secara lembut. Pijatan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran air mata di salurannya agar mata tidak menjadi kering.

6. Pejamkan dan Kedipkan Mata

Bagi Anda yang harus berada di depan layar hp dalam waktu yang lama, jangan lupa untuk berkedip agar mata tetap lembab dan terlindungi. Selain itu, pejamkan mata sesekali selama kurang lebih 30 detik untuk melemaskan otot yang tegang karena fokus dan konsentrasi yang terlalu tinggi.

Itulah beberapa tips menggunakan hp tanpa merusak mata yang harus Anda terapkan. Dengan cara penggunaan yang bijak, hp bisa membawa banyak manfaat dan tidak menyebabkan kerugian terutama bagi kesehatan.

 

Tinggalkan komentar