10 Tempat Wisata di Jawa Tengah Terbaik bagi Keluarga di Akhir Pekan

By: admin

Usai Covid-19 aktivitas liburan keluarga terus meningkat hal ini membuat semakin banyak tempat wisata bermunculan. Salah satunya tempat wisata di Jawa Tengah yang tidak sulit dijangkau dan cocok dikunjungi waktu akhir pekan.

Rata-rata wisata keluarga Jawa Tengah berada di pegunungan yang penuh dengan kesejukan. Seperti tempat wisata di Magelang yang sedang hits yaitu Silancur Highland, Ketep Pass, Nepal Van Java dan masih banyak lagi. Penasaran apalagi tempat wisata yang bisa Anda dan keluarga kunjungi? Simak ulasannya.

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Tengah Terbaik untuk Keluarga

10 Tempat Wisata di Jawa Tengah Terbaik bagi Keluarga di Akhir Pekan

Selain menyuguhkan pemandangan pegunungan nan indah dengan suasana sejuk, biaya tiket masuk wisata Jawa Tengah juga cukup terjangkau. Rata-rata tiket masuk hanya Rp15.000 per orang, Anda bisa sepuasnya mengeksplor bareng keluarga.

Jika saat ini Anda sedang merencanakan untuk liburan keluarga di akhir pekan, rekomendasi tempat wisata berikut ini perlu dipertimbangkan.

1.  Kebun Teh Tambi

Salah satu tempat wisata dingin di Jawa Tengah yang berada di daerah Wonosobo. Hanya dengan membayar Rp10.000 per orang Anda bisa menikmati pemandangan hamparan kebun teh yang hijau sangat menarik. Tampak juga pegunungan yang memukau jika Anda datang di pagi hari.

  1. Kawah Sikidang

Masih berada di area Wonosobo, kali ini Anda bisa menikmati pemandangan kabut tebal yang dingin dan juga air kawah. Jika berjalan-jalan ke area kawah pastikan untuk mengenakan masker karena bau belerang yang cukup menusuk. Aktivitas menarik di sini adalah merebus telur dan berfoto ria dengan pemandangan indah.

3. Umbul Ponggok

Ingin melihat pemandangan dasar laut baik itu karang dan ikan? Anda tidak harus pergi ke laut karena bisa melihatnya di Umbul Ponggok. Tempat wisata di Jawa Tengah yang terletak di Klaten ini memiliki mata air yang sangat jernih. Meskipun buatan manusia namun cocok untuk aktivitas snorkeling yang aman khususnya anak-anak.

4. Area Wisata Tawangmangu

Tempat wisata di Jawa Tengah memiliki sederet daya tarik yang tidak bisa dihabiskan dalam waktu sehari saja. Anda bisa mengunjungi air terjun Grojogan Sewu yang tingginya 80 meter. Ada pula The Lawu Park yang merupakan wisata alam dengan wahana seperti flying fox, bermain ATV atau trail adventure.

5. Solo Safari

Apabila Anda masih memiliki banyak waktu setelah dari Tawangmangu, kunjungi juga tempat wisata di Solo terbaru yaitu Solo Safari. Tempat wisata yang merupakan kebun binatang ini bisa membuka wawasan aneka fauna bagi anak-anak. Tidak hanya dilihat, anak-anak juga bisa berinteraksi dengan hewan langsung di area khusus.

6. Pemandian Air Panas Guci

Kunjungi juga tempat wisata pemandian air panas yang terdapat di Guci, Tegal. Di sini ada banyak pemandian air panas yang bisa dipilih dan jangan takut airnya sangat jernih. Menarik tentunya untuk bisa bermain air panas di pegunungan yang dingin dan jangan lupa bersantap sate kelinci yang banyak dijual.

7. Curug Bayan Baturaden

Berada di lereng Gunung Slamet, lokasi wisata ini masih cukup mudah untuk dijangkau karena tidak terlalu tinggi. Namun Anda sudah bisa merasakan dinginnya udara pegunungan dan panorama indah. Baik itu pemandangan curug, hamparan sawah yang hijau dan juga sungai menyatu dengan indahnya.

8. Candi Gedong Songo

Lokasinya ada di Bandungan, tempat wisata yang sejuk ini menampilkan candi zaman Kerajaan Mataram Hindu Kuno. Selama berada di sini Anda bisa berjalan kaki untuk melihat candi-candi yang jaraknya cukup jauh di perbukitan. Jika lelah Anda bisa menaiki kuda untuk sampai di candi terakhir.

9. Pantai Nampu

Jika ingin yang lebih jauh sedikit dari Semarang Anda bisa mengunjungi Pantai Nampu yang ada di Wonogiri. Pemandangan laut yang hijau dengan hamparan pasir putih menjadi daya tarik utamanya. Anda juga bisa menikmati aneka hidangan laut di pinggir pantai.

10. Rawa Pening

Tempat wisata yang ada di Ambarawa ini merupakan hamparan danau Rawa Pening yang memiliki pemandangan Gunung Ungaran dan Merbabu. Aktivitas yang bisa dilakukan adalah bersantai menikmati pemandangan dan bermain sepeda listrik.

Yuk segera agendakan untuk mengunjungi tempat wisata di Jawa Tengah ini bersama dengan keluarga Anda. Pastikan saja semua perlengkapan liburan sudah disiapkan dan jangan lupa akomodasi jika Anda berencana untuk menginap.

 

Sumber:

https://www.orami.co.id/magazine/wisata-jawa-tengah?page=all#google_vignette

https://pariwisata.semarangkota.go.id/frontend/web/index.php?r=site%2Fberita-details&id=47

https://www.liputan6.com/hot/read/5308061/10-tempat-wisata-di-jawa-tengah-paling-populer-dari-alam-hingga-budaya

https://www.tripadvisor.co.id/Attractions-g2301793-Activities-Central_Java_Java.html

 

 

Leave a Comment