5 Manfaat Lapisan Waterproofing (Coating) dan Jenis-jenisnya 

By: admin

Salah satu permasalahan dalam berbagai jenis bangunan yaitu risiko mengalami rembes atau bahkan kebocoran. Maka dari itu, sejauh ini telah banyak dilakukan berbagai teknik atau metode yang bisa dimanfaatkan untuk meminimalisir risiko tersebut, termasuk dengan mengaplikasikan lapisan waterproofing coating.

Bisa dibilang, ini adalah solusi tepat untuk mencegah berbagai risiko ke depannya, supaya berbagai tempat yang rawan mengalami kebocoran dapat terlindungi secara lebih efektif.

Pengaplikasian teknik waterproofing yang satu juga ternyata memiliki berbagai manfaat, selengkapnya bisa Anda baca dalam pembahasan berikut. Pastikan bahwa Anda  membacanya hingga tuntas dan ketahui juga berbagai jenis dari pengaplikasian teknik yang satu ini!

5 Manfaat Waterproofing Coating

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, teknik yang satu ini memang memiliki berbagai manfaat. Namun, sebelum masuk ke pembahasan manfaat, ada baiknya Anda pahami dulu tentang apa yang dimaksud dengan teknik waterproofing pelapisan.

Mengutip dari bangunbersamaabadi.com, waterproofing coating adalah sebuah teknik atau metode yang mengaplikasikan pelapis kedap air atau anti bocor untuk melindungi berbagai area bangunan dari risiko kebocoran. Bahan yang digunakan dalam hal ini antara lain campuran polimer dan akrilik.

Teknik ini sering digunakan karena memiliki berbagai manfaat, berikut adalah 5 manfaat dari waterproofing pelapisan:

  • Mencegah Dinding Lembap dan Lapuk

Pertama, Anda bisa mencegah berbagai risiko dinding lembap dan lapuk. Kedua hal tersebut berpotensi untuk membuat dinding rentan terhadap jamur dan lumut, serta bisa membuat cat dinding semakin mudah mengelupas.

  • Meningkatkan Daya Tahan Atap

Anda tentunya paham bahwa salah satu bagian bangunan yang rentan terhadap risiko kebocoran yaitu atap, khususnya ketika disebabkan oleh berbagai faktor cuaca seperti hujan.

Jika sudah bocor atau rembes, maka ada berbagai risiko yang bisa terjadi, salah satunya dapat menurunkan kualitas dan kekuatan bangunan, sehingga bisa menyebabkan kerusakan bahkan kerobohan.

Maka dari itu, waterproofing untuk area atap dapat menjadi solusi tepat untuk mencegah berbagai risiko tersebut.

  • Mencegah Lantai Rembes

Di berbagai area bangunan yang sering basah, misalnya kamar mandi dan dapur, maka akan menjadi sangat rentan terhadap rembesan air. Waterproofing juga dapat menjadi solusi tepat dalam hal ini, karena lapisan anti bocor yang diberikan bisa membuat risiko rembes dapat diminimalisir.

  • Meningkatkan Nilai Bangunan

Manfaat selanjutnya berkaitan dengan nilai dari sebuah bangunan. Perlu dipahami bahwa bangunan yang sudah dilengkapi dengan waterproofing, maka dapat memiliki nilai yang lebih tinggi, karena menjadi lebih aman dan tampilannya pun lebih bagus.

  • Meminimalisir Risiko Renovasi

Ada berbagai perawatan yang perlu dilakukan di masa mendatang, salah satunya kemungkinan untuk melakukan renovasi. Jika bangunan Anda sudah dilengkapi dengan aplikasi waterproofing, maka berbagai risiko bisa dicegah, seperti penjelasan pada berbagai bagian sebelumnya.

Hal ini selanjutnya dapat membuat Anda meminimalisir kemungkinan melakukan renovasi, terlebih untuk skala besar.

Manfaat Lapisan Waterproofing (Coating)-1

Jenis-Jenis Waterproofing Coating

Secara umum ada dua jenis dari pengaplikasian waterproofing yang satu ini, berikut adalah penjelasannya:

  • Ekspose

Pertama, ada jenis waterproofing ekspose yang memiliki ketahanan kuat terhadap sinar matahari atau sinar ultraviolet. Dengan keunggulan penting yang satu ini, maka Anda tidak perlu melakukan pelapisan ulang ketika menghadapi berbagai tantangan cuaca ekstrem.

Karena dapat tahan terhadap sinar matahari, maka pengaplikasian waterproofing jenis ini banyak digunakan untuk bagian luar ruangan. Misalnya, dalam bentuk cat atau pelapis anti bocor yang diaplikasikan pada dak atap bangunan.

  • Non Ekspose

Selanjutnya, ada jenis waterproofing coating non ekspose yang bisa dibilang tidak memiliki ketahanan kuat terhadap sinar matahari jika terpapar secara langsung. 

Maka dari itu, jika melakukan pengaplikasian jenis ini di ruangan terbuka, umumnya membutuhkan pelapis tambahan supaya nantinya tidak secara langsung terkena sinar matahari.

Jenis waterproofing kedua adalah pelapis anti bocor yang dibuat dari bahan dasar membrane dan semen. Secara umum, pengaplikasiannya dilakukan pada berbagai area seperti kolam ikan, kolam renang, kamar mandi, balkon, serta basement.

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, kini tentunya Anda sudah lebih memahami tentang jenis waterproofing yang satu ini dan berbagai manfaatnya.

Ternyata, lima manfaat di atas pun bisa disimpulkan sangat penting untuk menjaga kualitas dan keamanan dari berbagai jenis bangunan. Hal ini pula yang menjadikan teknik ini cukup umum dipakai, sehingga cocok untuk menjadi rekomendasi bagi pembangunan Anda.

Sebelumnya juga sudah dibahas tentang dua jenis dari waterproofing pelapis, sehingga informasi ini dapat menambah wawasan Anda sebelum memutuskan jenis yang paling tepat untuk kebutuhan Anda.

Namun, perlu dipahami bahwa ada hal penting yang tidak boleh disepelekan dalam mengaplikasikan waterproofing, yaitu dalam memilih produk. Pastikan bahwa Anda memilih produk pelapis terbaik dengan kualitas terjamin dan pengalaman yang mumpuni untuk bisa dipercaya!

Maka dari itu, produk dari Sika dapat menjadi solusi terbaik. Anda dapat mengandalkan produk Sika Top 107 Seal ID yang mudah digunakan, mudah dicampur, dan fleksibel. Sebagai pelindung bagi bangunan Anda, produk ini pastinya sudah terjamin kedap air memiliki ketahanan yang baik terhadap abrasi dan pengikisan.

Dengan campuran yang sudah ditakar, produk ini mempunyai konsistensi dapat disesuaikan untuk aplikasi menggunakan kuas atau towel dan tidak retak atau susut jika digunakan sesuai petunjuk. Kelebihan lain dari produk ini yaitu tidak korosif, tidak mudah terbakar, tidak beracun, dan memiliki daya rekat sangat baik pada substrat yang keras.

Selain itu, ketahui juga bahwa Sika adalah brand pertama di Indonesia yang mencetuskan waterproofing semen. Pengalamannya sepanjang 113 tahun membuat Sika sangat diandalkan untuk berbagai proyek internasional. Jika bicara tentang proyek di Indonesia, maka salah satunya yaitu proyek Mass Rapid Transit atau yang disingkat MRT. 

Maka demikian, sebuah pilihan yang tepat untuk memilih Sika dalam membantu pengaplikasian waterproofing coating pada bangunan Anda. Informasi lengkap mengenai Sika bisa Anda dapatkan dengan klik di sini!

Leave a Comment