Jenis Alat Pembayaran Non Tunai Yang Diterima Merchant

By: admin

Dengan menjadi merchant akan bisa menawarkan keuntungan yang bisa didapatkan oleh pembeli. Contohnya adalah pembayaran yang menggunakan metode lebih modern yaitu non tunai. Bagi pembeli yang ingin belanja dengan lebih mudah bisa untuk memilih untuk belanja di merchant yang menawarkan metode pembayaran non tunai yang beragam.

Jenis Alat Pembayaran Non Tunai Yang Diterima Merchant

Jenis Alat Pembayaran Non Tunai Yang Diterima Merchant

Contohnya saja beberapa jenis cara pembayaran non tunai yang tersedia dan bisa dipilih ketika menjadi merchant adalah:

  • Kartu kredit

Pembayaran non tunai tanpa perlu menyiapkan uang tunai yang mudah dilakukan adalah dengan menggunakan kartu kredit. Pembayaran kartu kredit di merchant yang menawarkan cara pembayaran non tunai mempunyai keunggulan dengan banyak fitur yang bisa didapatkan.

Dimana tidak hanya perlu untuk membayar menggunakan kartu kredit yang lebih praktis, tetapi juga mempunyai keunggulan karena dapat untuk mendapatkan keuntungan belanja kartu kredit seperti cicilan, promo, dan juga pembayaran dengan menggunakan reward kartu kredit sehingga lebih murah. Banyak sekali bisnis yang menjadi merchant dengan menawarkan pembayaran menggunakan kartu kredit.

  • Kartu debit

Jenis alat pembayaran selanjutnya yang bisa diterima di merchant ketika belanja dan melakukan aktivitas keuangan lainnya adalah menggunakan kartu debit. Seperti yang telah diketahui bahwa membuat kartu kredit tidak mudah untuk diterima. Berbeda ketika ingin mempunyai kartu debit yang cukup untuk menabung dan mendapatkan kartu ATM yang juga bisa digunakan untuk pembayaran.

Dengan menggunakan kartu debit untuk pembayaran akan membantu untuk mendapatkan keuntungan transaksi keuangan yang lebih mudah. Sehingga bisa memilih merchant yang menawarkan pembayaran menggunakan kartu debit yang bisa dilakukan lebih mesin EDC yang dipunyai untuk menerima pembayaran lewat kartu debit.

Pada dasarnya biasanya semua kartu debit akan dapat digunakan tidak hanya dari bank penyedia mesin EDC, tetapi juga digunakan untuk bank lainnya. Sehingga pada dasarnya merchant bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit dari semua bank.

  • Cek

Jenis pembayaran selanjutnya yang bisa diterima oleh merchant yang mempunyai usaha adalah dengan menggunakan cek. Pembayaran menggunakan cek bisa digunakan sebagai surat perintah untuk bisa menarik dana dalam jumlah tertentu.

Di dalam cek yang diberikan tentunya akan memuat informasi mengenai nama dan juga jumlah yang akan diambil. Sehingga cek bisa diberikan untuk pembelian yang dilakukan di merchant yang menerima berbagai jenis pembayaran non tunai termasuk juga menggunakan cek.

  • nota kredit dan debit

Jenis pembayaran non tunai selanjutnya yang diterima di merchant adalah menggunakan nota baik itu nota kredit dan nota debit. Nota kredit merupakan cara pembayaran dengan memindahkan dana pada nasabah menggunakan kliring.

Sedangkan untuk nota adalah dengan menggunakan surat yang bisa untuk diterbitkan oleh pihak bank lewat kliring. Sehingga dengan menggunakan not kredit dan debit bisa digunakan untuk pembayaran non tunai ke merchant lewat kliring. Dimana nota tersebut akan dipergunakan untuk mendapatkan pembayaran dengan jumlah transaksi yang dilakukan.

  • uang elektronik

Jenis pembayaran terakhir yang diterima ketika melakukan transaksi keuangan adalah menggunakan e-money atau uang elektronik. Sekarang ini banyak sekali merchant yang memberikan kemudahan untuk melakukan pembayaran cukup dari aplikasi yang ada di smartphone. Sehingga pembayaran menggunakan uang elektronik akan lebih aman dan mudah untuk belanja barang yang dibutuhkan dan mendapatkan jasa yang diinginkan.

Banyak sekali tempat yang memberikan kemudahan pembayaran non tunai menggunakan e money yang bisa dimanfaatkan untuk membayar parkir, membayar tol, membeli tiket KRL, belanja di mall, membayar tarif menginap di hotel, membeli makanan di restoran, dan juga berbagai aktivitas keuangan lainnya yang mudah dilakukan cukup menggunakan pembayaran dari uang elektronik.

Dari banyaknya pilihan jenis pembayaran non tunai seperti di atas, bisa menjadi pertimbangan ketika akan menjadi merchant dari penyedia jasa keuangan yang menyediakan jasanya. Tentunya lebih baik untuk memilih jasa penyedia pembayaran non tunai yang lengkap seperti dari BCA yang menerima pembayaran non tunai menggunakan kartu kredit, debit, QRIS, dan juga lainnya ketika menjadi merchant. Daftar merchant dan dapatkan jenis pembayaran non tunai dengan mendaftar cukup secara online di aplikasi Merchant BCA dengan download linknya di sini.

Tinggalkan komentar