Investasi Minim Risiko? Yuk Ketahui Instrumen Obligasi!

By: admin

Investasi merupakan sebuah kegiatan penanaman modal dengan tingkatan risiko yang berbeda-beda pada setiap instrumen investasinya. Mulai dari risiko rendah hingga tinggi. Risiko pada setiap instrumen investasi berbanding lurus dengan pengembalian keuntungan yang akan diterima oleh investor.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan risiko yang rendah, terdapat beberapa pilihan instrumen investasi yang dapat dipilih, salah satunya adalah Obligasi Pemerintah. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini. 

Apa Itu Obligasi dari Pemerintah dan Bagaimana Sistem Kerjanya?

Obligasi Pemerintah adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah dan menjadi salah satu produk investasi yang aman dikarenakan memiliki risiko yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan instrumen investasi lain. 

Sistem kerja investasi ini yaitu utang Obligasi akan dibayarkan oleh Pemerintah kepada investor pada saat jatuh tempo ditambah dengan imbal hasilnya atau sering disebut sebagai kupon Obligasi. 

Jenis Obligasi yang Dikeluarkan oleh Pemerintah

Investor dapat membeli Obligasi Pemerintah ini dalam bentuk Obligasi Ritel Pemerintah (ORI) atau Surat Berharga Negara (SBN) lainnya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

  • Obligasi Ritel Pemerintah (ORI)

Obligasi Ritel Pemerintah (ORI) memiliki beberapa karakteristik khusus, diantaranya:

  1. Berpotensi menghasilkan capital gain dan capital loss.

  2. Kupon ORI memiliki besaran yang tetap, sehingga sekalipun terjadi fluktuasi di pasar efek, tidak akan mempengaruhi harga Obligasi tersebut.

  3. Investor dapat memperjualbelikannya di pasar sekunder.

  4. Minimal investasi tergolong rendah yaitu 1 juta hingga 3 miliar rupiah.

  • Surat Berharga Negara (SBN)

Surat Berharga Negara (SBN) sendiri diterbitkan oleh pemerintah dengan tujuan untuk memperoleh dana dari investor (baik individu maupun institusi). Dana tersebut nantinya akan dimasukkan dalam APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) dan digunakan untuk pembangunan negara. 

SBN sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu Surat Utang Negara (SUN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Perbedaan keduanya terletak pada sistem yang diterapkannya. 

Kemudian SUN terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu Obligasi Negara (ON) dan Surat Perbendaharaan Negara (SPN), yang membedakannya adalah SPN memiliki tenor yang lebih pendek (di bawah 1 tahun) dan jarang diperdagangkan, dan ON sebaliknya. 

ON terbagi menjadi dua jenis lagi, yaitu:

  1. ON – Valuta Asing

Merupakan Obligasi Negara dengan denominasi dolar AS atau sering juga disebut INDON. Tingkat kuponnya pun tetap. Dikarenakan dalam mata uang dolar AS, pergerakan INDON akan ikut sesuai pergerakan imbal hasil dari Obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah AS atau US Treasury. 

  1. ON – Rupiah

Merupakan Obligasi Negara yang denominasinya rupiah. Tingkat kuponnya memiliki dua kategori yaitu variable rate dan fixed rate

Risiko Investasi yang Dapat Terjadi

Beberapa risiko yang dapat terjadi pada investasi Obligasi Pemerintah adalah:

  • Risiko likuiditas, yang dapat terjadi saat menjual Obligasi sebelum jatuh tempo. Investor bisa saja kesulitan menjualnya dengan nilai wajar pada pasar sekunder.

  • Risiko pasar, potensi kerugian yang dapat terjadi karena adanya penurunan harga pasar pada pasar sekunder.


Keuntungan yang Bisa Didapatkan 

Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan:

  • Kupon dan pokok dijamin dan tercantum dalam undang-undang

  • Kupon yang ditawarkan nilainya lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata bunga Deposito bank BUMN

  • Kupon akan dibayarkan secara berkala hingga waktu jatuh tempo

  • Dapat diperjualbelikan di pasar sekunder

  • Tersedia kuotasi harga beli (bid price) dari mitra distribusi 

  • Berpotensi memperoleh capital gain

  • Dapat dipinjamkan atau menjadi jaminan kepada pihak lain

  • Dapat diperjual belikan di organized OTC melalui Electronic Trading Platform (ETP)

  • Masyarakat dapat menjadi bagian dari pembangunan nasional

  • Keamanan investasi ini terjamin oleh pemerintah

  • Menawarkan investasi yang aman dan terjangkau dengan risiko yang tergolong rendah

Apabila Anda berniat berinvestasi pada instrumen ini, ada baiknya Anda mencari pengetahuan yang lebih banyak terlebih dahulu mengenai jenis Obligasi yang satu ini. Dengan begitu, Anda akan lebih bijak dalam menentukan investasi yang akan dipilih. 

Pahami lebih dalam mengenai keuntungan yang akan didapat dan pertimbangkan berbagai risiko yang bisa saja terjadi sehingga Anda dapat mengetahui cara untuk meminimalisir terjadinya risiko tersebut.

Investasi Obligasi Pemerintah bersama DBS Treasures

Apabila Anda belum terlalu yakin dalam berinvestasi Obligasi jenis ini, Anda dapat menjadi Nasabah perbankan prioritas DBS Treasures, dan dapatkan keuntungan atas investasi Obligasi Anda berupa kupon Obligasi. 

Tertarik dengan investasi ini? Bersama DBS Treasures, Anda dapat yakin memilih jenis investasi Obligasi yang tepat. Raih berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi Obligasi di DBS Treasures tawarkan kepada Anda, diantaranya:

  • Kupon Reguler

Anda akan menerima pendapatan reguler berupa kupon yang dibayarkan secara berkala selama periode investasi oleh penerbit Obligasi.

  • Potensi Capital Gain

Beberapa jenis Obligasi dapat Anda jual kapan pun sebelum jatuh tempo dan memperoleh potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi.

  • Kupon Kompetitif

Anda akan mendapatkan tingkat kupon yang kompetitif di atas rata-rata bunga Deposito berjangka.

  • Tidak Ada Biaya Tambahan

Hanya spread atau selisih antara harga jual dan harga beli (bid dan offer). 

  • Transaksi 24/7

Tersedia ragam produk Obligasi yang dapat Anda jual maupun beli di Aplikasi digibank by DBS.

Nikmati kemudahan berinvestasi dengan memilih jenis Obligasi yang tepat untuk Anda bersama DBS Treasures dan dapatkan keuntungan yang Anda inginkan. Simak informasi selengkapnya mengenai Obligasi Pemerintah melalui laman https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds

Tinggalkan komentar